Monday, October 21, 2013

Renovasi atap baja ringan




Renovasi atap baja ringan - Renovasi rumah merupakan kebutuhan dan perlu direncanakan secara matang supaya sesuai dengan keinginan kita , Bagian paling terpenting dalam renovasi rumah adalah renovasi atap , banyak alasan kenapa orang harus merenovasi atapnya, misalnya karena penompang kayu mulai rapuh, atau atap bocor gara-gara genteng sudah rusak dan masih banyak lainnya.


Renovasi atap baja ringan


Untuk merenovasi atap bisa dilakukan dengan mengganti beberapa bagian atap yang telah rusak atau mengganti semua struktur atap rumah dengan material yang baru, sebut saja rangka atap baja ringan. Nah langkah-langkah renovasi atap kayu dan rangka atap baja ringan bisa dilakukan dengan berikut ini.


  • Usahakan membuat rencana yang matang, seperti membuta perencanaan bentuk atap yang lebih simpel namun tetap estesis. Walapun desainnya simpel tapi masih bisa kelihatan sangat baik dan serasi dengan bentuk rumah minimalis kita miliki. Karena kalau kita membuat atap yang terlalu rumit akan mengakibatkan overbudget seperti ongkos tukang yang membengkak karena sulit dalam pengerjaanya, dibutuhkan material yang karena akan terjadi potong memotong bahan yang tidak terduga dan lain-lain.  
  • Pilihlah komposidi rangka atap baja ringan yang memiliki stuktur paling kuat. Seperti memakai bentuk propfil dari dari batang baja  dipasaran sudah banyak  bentuk profil seperti profil C, profil Z, profil U, dan profil lainnya untuk reng. Pemilihan profil ini sangat penting karena berhubungan dengan kekuatan dari batang rangka baja ringan yang akan kita gunakan.
  • Pilihlah bentuk atap pelana, atau atap miring .Bentuk yang mudah dalam pengerjaan ini selain memudahkan pada saat pemasangan juga bisa mempercepat waktu kerja. Anda tidak akan khawatir terjadi kebocoran jika hujan terjadi di tengah-tengah pengerjaan konstruksi atap.
  • Pilihlah wakut pada musim kemarau, jangan sekali-kali mengganti atap saat musim hujan. Karena selain merepotkan penghuninya juga merepotkan tukang saat pengerjaan bongkar pasang atap.
  • Pemilihan genteng juga sangat berpengaruh pada biaya renovasi atap baja ringa, karena semakin berat jenis genteng yang akan digunakan semakin berat juga biaya yang akan dikeluarkan. Hal ini terjadi karena stuktur atap baja ringan harus memperhitungkan berat genteng yang ditopang. Mungkin genteng metal bisa menjadi solusi terbaik , selain ringan pemasangannya juga tidak rumit danAda banyak jenis genteng metal yang bisa dipilih mulai dari harga murah sampai harga yang seimbang dengan kualitasnya.
  • Untuk menghindari kebocoran atap, anda boleh menggunakan aluminium foil sebelum pemasangan genteng. Biasanya ini sepaket dengan atap baja ringan, akan tetapi apabila tidak di rencanakan dengan matang, maka, pemasanganya akan sangat merepotkan karena aluminium foil dipasang antara reng dan batang baja ringan utama. 

Nah demikian cara renovasi atap baja ringan maupun atap kayu namun saat ini menggunakan atap kayu sudah kurang diminati karena atap kayu selain harganya yang mahal keawetanyapun sanggat terbatas.

Nah apabila anda ingin merenovasi atap anda baik itu atap kayu maupun atap baja ringan anda bisa menghubungi kami ke nomor 0821 2333 0404

3 comments: